Senin, 27 Juni 2011

We Are Ghosthunters! Part Three

Desa Lalijiwo. nama desanya sesuai sama pemandangan alamnya nih. seolah lupa semua masalah idup. it's so damn beautiful. hamparan sawah dan pohon - pohon rindang yang ngebentuk hutan bikin serasa ada di pegunungan. padahal masih tergolong dataran rendah. gue parkirin mobil di satu warung makan lesehan kecil buat makan siang. kelar jeprat - jepret dan nanya - nanya alamat rumah mang budi ke warga yang lagi pada gaplean, perjalanan kembali dilanjut.


"assalamualaikum selamat siaaang".
"spadaaa".
lama nunggu ga ada jawaban.
"nggoleki sopo to dek?" tanya seorang ibu - ibu yang menghampiri kami.
"nyari mang budi bu, mau ngambil kunci vila" jawab diki.
"oh.. kalian dari kota ya? pantes pakeannya bagus - bagus. jam segini mang budi mah biasanya ada disana. ikutiin jalan aja lurus terus, ntar ada pertigaan belok kanan. nanti juga ketemu vilanya".
"oh gitu.. makasih ya bu".
"ati ati, vilane angker tenan. enek setane.." tambah si ibu misteris itu sambil ngeloyor pergi.
"pulang aja yuk!" kata imaniar sambil gigit - gigit jarinya. keliatan kalo dia parno abis. dia cuma ngelakuin hal begini kalo lagi duduk di bangku cadangan turnamen basket dan skor draw sementara waktu udah mau abis.
"ngapain takut sih nis! hantu itu ga eksis sama sekali!" sanggah tommy.
"kita ini makhluk intekektu...".
"dah dah" potong gue cepet, sebelum tommy mulai kuliahnya soal alam semesta raya lagi.
"kan udah sepakat semua kemaren buat kesini, jadi ga ada kata engga.  case closed" tutup gue. daripada gue muak ga konsen nyetir denger debat ga mutu dan nyemplungin ni mobil ke kali.

...

vilanya gede banget. mirip kastil. kastil nenek sihir yang biasa ada di dongeng - dengeng maksud gue. pagernya gede, tinggi, ditumbuhin tanaman rambat yang menjalar ga karuan. gue berhentiin mobil depan gerbang. gue turun buat ngebuka, tapi keras amat yang sebelah kiri.
"oi, bantu dong!" seru gue.
diki tommy turun dari mobil buat ngebantu, tapi hasilnya nihil. asli, ga gerak sedikitpun.
"woy para manis manja, jangan ngemil aja! pada turun sini bantu dorong!" teriak diki.
akhirnya, dengan tenaga enam orang yang ngotot, kaya lagi berjuang boker, ni gerbang gerak juga. tapi baru ngebalikin badan buat naik ke mobil, gue sama anak - anak dikagetin sama suara besi meleot. baru aja noleh, gerbang setinggi dua meter itu jatuh bebas dan BHANG! ambruk ketanah. ga ada angin, ga ada gempa. jantung gue hampir copot saking kagetnya. belom juga masuk vila udah dapet yang kaya beginian, rutuk gue.

"ayo pulang aja sih! horor nih.." imaniar berteriak kesetanan.
"dah kalem.. cuma gerbang tua jatoh kok. karatan kali.." hibur gue.

mobil merayap pelan. setelah parkir, anak - anak ngambil barang - barangnya dari belakang mobil. gue teriak - teriak manggil mang budi.

"Kreeeet.." suara pintu berderit keras. sosok mang budi nongol dari balik pintu.  gendut, item, dan mata yang kaya mau copot dari kelopaknya.
"selamat siang.. baru sampe?" tanya mang budi dengan ekspresi datar.
"iya mang barusan.. tadi kerumah tapi kata tetangga mang budi ada disini" jawab gue ramah sambil nawarin chitato, tapi dia nolak. lu si gatau kedahsyatan chitato!.
"iya.. emang tiap hari saya kesini, biasa ngasih makan..".
"ngasih makan sapa mang? ada yang jaga disini juga?" tanya imaniar.
"bukan penjaga, tapi penunggu.. bahasa jawanya sih sesajen gitu" jawabnya datar.
ngedenger kata penunggu dan sesajen, mukanya syok.
"loh emang beneran ada penunggunya?" tanya yeni.
"ada mbak.. bukannya nakut - nakutin lho, tapi supaya ngga pada kaget aja.."
serrr.. bulu kuduk gue rada merinding. cuma tommy yang keliatan acuh ga acuh ngedengerin ceritanya. ilmuwan mana yang percaya setan.

"emang kaya apa penunggunya?" tanya diki penasaran.
"cewe.. dulu rumah ini punya keluarga dari bandung, tapi setelah anak gadisnya meninggal tragis, rumah ini dijual.."
oh, berarti temen bokapnya tommy bukan pemilik pertama vila ini, simpul gue.
"emang meninggal tragisnya gimana?" gue jadi ikut- ikutan penasaran juga.
"gantung diri dari balkon atas.." jawabnya datar sambil nunjuk ke balkon. dia udah mulai icip - icip chitato yang tadi gue tawarin. suka kan lu?! haha chitato emang dahsyat! :D.
gue agak ngeri juga sih sebenernya, tapi gue anggep angin aja ceritanya mang budi. orang pedesaan terlalu ngelebih - lebihin hal - hal mistis kaya begini.
"stop stop! udah ah cerita apaan sih ga mutu gini! kamer dimana mang? mau istirahat badan pegel semua" imaniar ngomel - ngomel. tapi muka pucetnya gabisa boong kalo dia takut setengah mati.
"kamer ada banyak, kalian boleh pake yang mana aja. dapur sama ruang makan ada dibelakang ruang tengah. kamer mandi sebelah kanan. kolam renang paling belakang. bersih ko kolam renangnya tiap minggu saya kuras" jelasnya panjang lebar. wow, kolam renang pribadi. top dah.
"saya pulang dulu ya ada perlu.. oh ya sebelum lupa" tambahnya.
"kamer di lantai dua yang dipojok, saya kunci".
"kamer apaan emang mang bud?" tanya gue.
"kamer anak gadis yang meninggal tadi. jangan kesana - sana ya" jawabnya sambil ngeloyor pulang.

Deg! jantung gue irama disco lagi. keringit dingin mulai keluar. anjrit.. satu atap sama setan gentayangan!
gue liat kebelakang. imaniar udah terkapar di lantai teras sambil mulut ngeluarin busa.

[malemnya kaya gimana ya?]
bersambung ah ~_~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar