Senin, 27 Juni 2011

Pacaran. Bodoh, atau Sayang?

Topik gue kali ini soal pacaran. Haha, kadang gue suka ngakak sendiri kenapa gue bikin topik beginian. Yah, dibandingin topik topik gue soal marxisme, kapitalis, sosial politik dan sebangsanya, topik gue sekarang sekarang ini jauh lebih ringan. Bukan, bukan karena gue udah jatuh pada postmodern atau jadi kaum hedonis, gue yang sekarang lebih suka ngangkat tema tema sekitar gue aja. Temen temen sekitar gue bukan Plato, Aristoteles, Hume, Hitler, Gramsci yang ngomongin soal soal yang diatas tadi, tapi inilah temen temen sekitar gue, remaja remaja yang lagi lucu lucunya dimabuk cinta, hahaha..




Pacaran itu awalnya dari pernyataan rasa. Pernyataannya  anak smp atau sma dari acara tembak tembakan gitu, dan yang udah dewasa sedikit, ngutip Mrs Afro, “karena aku mau dan kamu mau, kita jalan sama-sama”.

Pacaran itu indah. Perasaan, perhatian, perlindungan, cinta, kasih sayang, materi, bahkan sampai seks pun bisa kita dapet dari hal ini.dan karena hal hal indah itu lah, kebanyakan orang lupa hal hal apa yang harus dijaga buat terus dapet hal hal diatas tadi. (iyalah, mau enaknya doang? Ke laut aja)

Pacaran tidak sama dengan memiliki. Pacaran tidak sama dengan menguasai. Pacaran itu saling mendukung, saling menghargai. Dan gue yakin, kalo hal hal kecil ini ada di kepala setiap orang, engga ada lagi masalah masalah dibawah ini.



Komunikasi

Komunikasi punya peran vital dalam hal ini. Dan bahkan saking dianggap pentingnya, telat bales sms, marahan. Telpon ga diangkat angkat, marahan juga. Penting ga sih soal beginian diributin? Pasangan kita dilahirin bukan buat kita tapi buat dirinya sendiri, jadi dia juga punya aktifitas sendiri, kehidupan sendiri. Bisa aja karena mereka lagi sibuk, lupa bawa handphone, lagi ga pengen diganggu (lagi menikmati dunianya). Pasangan kita bukan malaikat yang selalu ada buat kita, ini yang gue tekenin. Dan kejujuran punya arti penting disini. Kalo emang kita lagi pengen sendiri, ya bilang, jangan cari alesan alesan yang engga engga, bisa jadi borok entarnya, dan bikin pacar dewasa dan ga bergantung terus sama kita. (dikit dikit, sayaaaaaaaanggg aku butuh kamu :’(           ).




Komitmen

Karena kita pacaran, ada orang lain dalam hidup kita. Dan buat ngejaga langgengnya unyu unyuan ini, kita bikin komitmen. Gue juga ga gitu ngerti arti persis dari komitmen, gue tekenin komitmen lingkup “batasan”. Kalo komitmen soal janji yang kaya aku sayang kamu, aku setia sama kamu, aku selalu ada buat kamu, hal itu sifatnya relatif, bisa gombal, bisa beneran. Tergantung situasi dan waktu yang mempengaruhinya. Jangan tagih atau pake kata kata ini buat nyerang pasangan yang mau mutusin kita. Yang ada pasangan kita ngakak.

Batasan emang perlu. Ga ada batasan bikin kita lupa diri. Terlalu membatasi bikin kita menjarain pasangan kita sendiri. Dua duanya bikin ancur. Seimbang itu yang terbaik. Gue soalin yang terlalu membatasi. Pasangan kita itu individu yang berbeda dari kita. Mereka punya pikiran sendiri, jalan hidup sendiri, dan yang terpenting, batasan diri mereka sendiri. Gue suka ga ngerti sama orang orang yang ngelarang pasangannya buat temenan, jalan jalan sama temen temennya, ngelakuin aktifitasnya.suka kepikiran ga sih mereka, gimana ngga enaknya dilarang larang? Tapi dengan santainya melarang pasangannya, tanpa dosa. Oke, gue setuju, kalo pasangan gue bilang ke gue dia mau terjun bebas dari cadas pangeran, gue juga pasti ngelarang. Tapi kalo soal temenan, pergi ke suatu tempat, ngeben, ngedalang, apa harus dilarang juga? Atas dasar apa, Cemburu? Khawatir? Jangan suka mikir yang aneh aneh soal pasangan kita.

Dan dari chit chat tadi yang ngalor ngidul ga karuan, sama cewe brilian (gue nyebutnya brilian soalnya gue sama dia sedikit banyak sama jalan pikirannya, dan gue ini brilian haha), gue simpulin satu hal. Pacaran itu emang nyari seneng. Lu boleh serius kalo lu udah ngebet bangen kawin haha. Hell yeah we’re still nineteen or twenty and that’s too much. Lu mau pacaran lu seneng, jauh dari sewot – sewotan ga penting yang bikin idup suram lu makin suram, pesen gue satu. lu kudu nyantai! Perlakukan pasangan lu sama kaya lu nge treat diri lu sendiri. Dan putus pun bukan akhir dari dunia. Itu biasa! Tapi kayanya di notes lain aja deh ini haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar