Selasa, 14 Februari 2012

Valentine's Day

Valentine's Day.:inlove:

mungkin hari ini hari ketiga yang paling ditunggu - tunggu para remaja setelah anniversary dan hari libur hahaha. apa yang istimewa sih di hari ini? di hari ini para pasangan biasanya bertukar kado atau coklat untuk mengungkapkan rasa kasih sayang mereka kepada pasangannya. walaupun kalo diliat sejarahnya sih, hari Valentine ini sebenernya agak "bloody". gue engga ngebahas soal sejarahnya. lu - lu pade bisa cek google atau wikipedia. lebih akurat :D

yang mau gue angkat ini soal kontroversialnya sebagai "hari kasih sayang". emang dasar orang - orang indon tuh kebanyakan hipster (ga tega gue nyebutnya alay wakaka), timeline pesbuk, twitter banyak amat yang nulis Happy Valentine's Day. tapi ada juga yang bikin gue ngakak garing. ada beberapa diantara para penghuni cyberspace ini yang maki - maki soal Valentine. gue bagi jadi dua.

pertama, yang bilang kalo kasih sayang itu harusnya kita lakuin tiap hari, bukan cuma hari ini doang, biasa aja kali ga perlu lebe.

ada benernya. bener banget malah. tapi gue jadinya ngakak kalo baca yang begini. dimata gue, yang nulis begini nih pengen keliatan pinter, berbeda, dan ga hipster. bukan karena dia bener - bener paham maksud yang dia ucapin sendiri. gampang aja gue balik kata - katanya. idul fitri juga identik sama mohon maaf lahir batinnye kan? nah itu, sama aja. maaf - maafan juga tiap hari dong, bukan cuma hari ini doang, biasa aja ga perlu lebe!

nah lo, dibalik begini pada diem. ada yang jawabannya ngelantur, yang ntar nanti gue coba angkat di bagian kedua. mau valentine atau idul fitri itu pan sama: hari raya, walau gue belum tau valentine ini bener - bener dirayain engga sama umat kristiani. tapi coba ambil analoginya (persamaannya). hari raya itu simbolitas doang. jadi wajar aja lah kalo banyak yang ngomongin. manusia itu amat suka dengan hal - hal yang berbau "simbol".

nah terus yang kedua nih yang rada ekstrim. mulai sara bawa - bawa keyakinan. Valentine itu haram soalnya dari budaya barat, bukan budaya islam, budaya kristiani. hampir semuanya yang bilang hal terakhir itu muslim. gue agak sedih kalo ngeliat masih aja ada umat islam yang fanatiknya bangeuuuudhh -_-

ini mah praktisnya gue aja. agama itu juga salah satu budaya. budaya itu ga ada yang parsial hakikatnya. dan budaya itu saling bertemu dan berbaur. kaga, gue kaga maksud buat bilang kalo agama itu melebur. umat muslim memakai budaya umat beragama lain dan begitu pula sebaliknya. contoh aja ilmu kedokteran Ibnu Sina dan ilmu fisikanya Einstein. itupun kalo mereka berdua adalah benar - benar di hak paten dengan suka rela milik golongan tertentu haha. orang barat pake ilmunya Sina. orang islam juga pake ilmunya Einstein.

apa kesimpulannya? semua berbagi, semua saling melengkapi. jadi gausah deh kalo bilang valentine itu HARAM karena bukan islam. yang gue tekenin disini di tempat umum ye, macem jejaring sosial. agama lu, itu keyakinan lu. lu mau anggep itu haram, najis, apapun deh, terserah. itu hak lu. hak keyakinan lu. tapi seengganya jangan di share di muka umum, cukup buat diri lu dan komunitas yang sepaham sama lu aja. lu belajar PKn pasti belajar yang namanya toleransi, saling menghargai sesama. akidah akhlak juga wkwkwkw. jadi gausah maen sikap skeptis kaya gitu. terkesan dangkal dan fanatism.

ambil sisi positifnya aja. sesuatu itu jadi ga biasa, jadi berharga karena sesuatu itu di"simbolkan". kasih sayang jadi amat berharga karena ada hari khusus dalam setahun buat dia. dan orang - orang hari ini pun lebih termotivasi buat lebih mengungkapkan rasa kasih sayangnya dibanding hari biasanya. sama aja kaya lebaran deh, orang maaf - maafan sama silaturahminya lebih banyak daripada hari biasa.


kalo sesuatu itu memang baik untuk kita, kenapa kita harus menutup mata dan berpura - pura?
:galit:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar