Rabu, 22 Februari 2012

Keyakinan Diri Vs. Arogansi

keyakinan diri adalah "kepercayaan atas kemampuan diri sendiri; kepercayaan atas diri sendiri". arogansi, disisi lain, adalah "kebanggan palsu dan terlalu membesarkan diri sendiri". kata kunci dalam deskripsi tersebut adalah arogansi itu palsu. dalam satu hal ini berarti "tidak layak" atau "tidak jujur". dengan kata lain, "ketika kamu mengira dirimu hebat padahal sebenarnyakamu sama sekali tidak hebat, kamu mungkin belum memenuhi kewajibanmu!"

kita semua pernah menjumpai musisi yang sok jago dan arogan. saat mendengar orang - orang ini berbicara kamu akan berpikir, "wah, orang ini tentu pemain maestro". tapi ketika orang yang sok jago, arogan ini berada diatas panggung, sembilan dari sepuluh orang semacam itu biasanya sangat buruk--jika tidak bisa dikatakan mengerikan.

para pemusik yang percaya diri jujur terhadap diri sendiri. mereka tahu apa yang mereka lakukan dengan baik dan apa kekurangan mereka. mereka juga membiarkan orang menilai berdasarkan permainan mereka, menerima pujian dengan tulus dan menanggapi kritik dengan santai sebagai cermin kekurangan diri yang tidak terlihat.

bicara tidak membuktikan apa - apa. kerja keras, disiplin pribadi, pengalaman, dan objektifitas adalah persyaratan yang harus anda penuhi untuk menjadi pemain yang sukses. bersikaplah skeptis terhadap orang - orang yang berkata, "itu mudah; aku hanya mengandalkan bakat alam". saya benar - benar tidak percaya dengan sudut pandang ini, karena bakat yang tidak dikembangkan sama saja dengan tanpa bakat: nol besar!
setiap orang, tak peduli seberapa besarpun bakatnya, harus berusaha agar bisa mencapai sukses tingkat tinggi. dan bertahan pada level itu seringkali lebih sulit daripada mencapainya.

yakin atas kemampuan diri sendiri itu baik sekali, tapi anda tidak bisa berpura - pura yakin. jika anda bersikap percaya diri padahal anda tidak merasa yakin, itu akan segera kelihatan terutama jika anda bermain dengan musisi yang baik. anda tidak bisa semata - mata berkata kepada diri sendiri, "aku bagus", dan mengharapkan hasil yang bagus. anda harus mengusahakannya.

bagaimana anda tahu kapan anda merasa percaya diri atau arogan? ajukan pertanyaan ini kepada dirimu sendiri:
  • apakah anda menghabiskan waktu dengan mengkritik musisi lain?
  • apakah anda mengumbar informasi tentang betapa hebatnya diri anda?
  • apakah anda mengatakan kepada orang - orang bahwa anda adalah pemain terbaik yang pernah ada?
  • apakah anda mengatakan kepada orang - orang bahwa tidak ada yang sebaik anda?

jika jawabanmu ya, saya sarankan: pertama, jangan mengatakan kepada siapa pun bagaimana bagusnya permainanmu menurut penilaianmu. jika anda benar -benar bermain dengan baik, orang - orang akan memberi tahu anda bahwa permainan anda memang baik. ingat, percaya diri didasarkan pada persiapan dan pengalaman, dan kedua hal itu butuh waktu. kedua, jangan berkomentar bahwa seorang musisi ternama, siapapun dia, tidak becus bermain musik. semua musisi terkenal biasanya melakukan sesuatunya dengan sangat baik; karena itulah mereka biasanya menjadi terkenal. coba temukan resepnya. dengan cara ini, anda akan belajar sesuatu sebagai ganti membuang - buang waktu mengkritik orang lain.

bagaimana kita bisa mengembangkan rasa percaya diri? pertama, sadarilah bahwa bermain musik adalah semata - mata adalah bermain musik. itu bukanlah satu - satunya hal paling penting di dunia. kedua, kerjakan PR-mu. pelajari musik semampumu mumpung anda masih muda. pelajari gaya yang berbeda, musisi yang berbeda, dan jenis musik yang berbeda. ini akan memberimu landasan dimana anda bisa membangun gayamu sendiri. ingat, persiapan adalah bagian dari rasa percaya diri.

berikut ini adalah rahasia kecil saya tentang pengembangan rasa percaya diri. yakinlah bahwa anda bisa selalu meningkat, tidak perduli berapa pun usiamu dan apapun pengalamanmu. jika anda bisa meningkatkan diri secara kontinyu, anda bisa membuka peluang untuk sukses. selain itu, jika anda meningkatkan kemampuan, anda akan merasa nyaman dengan diri anda sendiri. merasa nyaman dengan diri sendiri membantumu untuk terus belajar dan meningkatkan diri. akuilah! peeningkatan kemampuan itu amat menyenangkan.

agar meningkat, anda harus memusatkan perhatian. ketika anda berkata kepada orang lain tentang bagaimana hebatnya diri anda, anda telah melenceng jauh. pemain yang baik adalah pemain pendengar yang baik--menyimak apa yang dikatakan dan dimainkan oleh orang - orang.

dan satu hal, jika anda suka akan konsep "musisi yang terkenal, professional, berkarakter, dan manggung dimana - mana", mungkin inilah saatnya untuk mengambil gitar, bass, atau stik anda dan mulai berlatih. ingat, untuk menjadi seperti semuanya itu dibutuhkan usaha dan pengorbanan yang setimpal. niat dan bicara saja tidak akan cukup. dan karena hidup cuma sekali, dan masa ini tidak akan pernah datang kembali!


-disadur dari buku Roy Burns: bagaimana menjadi drummer professional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar